web stats

Monday 28 October 2013

Tugas MID

I.
  1. Apa kepanjangan dan fungsi ISP ?
  2. Apa yang dimaksud dengan Wireless ?
  3. Sebutkan peralatan pendukung koneksi internet !
  4. Apa kepanjangan dan pengertian WWW ?
  5. Apa yang dimaksud dengan internet ?
  6. WIFI kependekan dari ?
  7. Apa yang dimaksud dengan Bandwith ?
  8. Sebutkan macam - macam koneksi internet !
  9. Apa yang dimaksud dengan LAN ?
  10. Bagaimana cara kita melihat jaringan hotspot ?
Read More
II.
  1. Jelaskan secara singkat sejarah perkembangan Internet !
  2. Jelaskan apa yang dimaksud Data digital dan data analog !
  3. Apa yang dimaksud dengan blog ?
  4. Sebutkan langkah - langkah membuat blog !
  5. Sebutkan langkah - langkah membuat blogroll pada blog !
 Jawab:
I.
  1. ISP : Internet Service Provider
    Fungsi ISP :
    • Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
    • Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
    • Menyediakan modem untuk dial-up.
    • Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
    • Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
    • Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
    • Memberi tempat untuk homepage.
    • ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya. 
     
  2. Wireless  adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel
     
  3. Peralatan pendukung koneksi internet
    a. Komputer Server
    b. Workstation
    c. Modem
    d. Kartu Jaringan
    e. Wifi
    f. Hub
    g. Router
    h. Switch
    i. Bridge
    j. Gateway
    k. Konektor
    l. Access Point
  4. WWW (World Wide Web) merupakan kumpulan server web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
  5. Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
  6. WIFI : Wireless Fidelity
  7. Bandwith adalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Lebar pita atau kapasitas saluran informasi. Kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik.
     
  8. Macam - macam koneksi internet :
    • Koneksi Dial Up
    • ADSL (Kecepatan Akses Internet-ADSL)
    • Koneksi dengan Jaringan Leased Line
    • Satelite VSAT
    • WIFI / Hotspot
    • Cable Modem
    • Handphone atau telepon genggam
  9. LAN : adalah local area network. merupakan jaringan internet local yang memiliki cakupan jangkauan yang sempit, biasanya terhubung dengan menggunkan kabel UTP dan RJ-45. dua buah komputer yang saling terhubung sudah termasuk dalam LAN. LAN biasanya digunkan dalam kampus atau perusahaan korporate untuk saling berhubungan dalam satu gedung. LAN tidak bisa diakses dari internet karena LAN hanya mengijinkan orang yang ada dalam jaringan tersebut saja yang dapat mengaksesnya.
  10. Pada laptop atau komputer, lihat pada taskbar bawah kanan. Cari icon Signal kemudian klik. Maka akan muncul koneksi jaringan hotspot yang aktif dan berada dalam jangkauan kita.


    II.
     
  11. Internet pertama di dunia disebut ARPANET (Advenced Research Project Agency Network) yang dimulai pada bulan Oktober 1960 dan diketuai oleh Joseph Licklider, dan ARPANET diperkenalkan pada Oktober 1972. Awalnya internet dibuat untuk kepentingan militer dan kesehatan namun dalam perkembangannya ARPANET mengalami kesulitan sehingga memecahkan diri menjadi dua yaitu MILnet untuk kepentingan militer dan ARPANET untuk kepentingan nonmiliter. komputer di University College (london) merupakan komputer pertama di luar Amerika yang menjadi anggota ARPANET

    Pada tahun 1973, vinton cerf dan bob khan mempresentasikan gagasan yang lebih besar, mereka membuat kelompok kerja yang disebut International Network Working Group (INWG). Pembicara pertama adalah vinton cerf yang disebut sebagai bapak internet. Pada tahun 1980 internet mulai direkomendasikan dan diprivatisasi, yang ditandai dengan adanya Internet Service Provider (ISP). Pada tahun 1990 internet mulai menawarkan pola komunikasi yang baru yaitu dengan e-mail dan web
  12. Data digital adalah sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1.
    Data analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitudo dan frekuensi.
  13. Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
      
  14. Cara Membuat Blog

    Masuk ke Blogger ,sama halnya seperti daftar Facebook, di blogger juga harus mempunyai email Gmail terlebih dahulu, yang belum mempunyai email Gmail, harap membuat dulu. Untuk mendaftar, silakan isikan nama email Gmail beserta passwordnya, sama seperti log in ke gmail.com . Setelah itu klik Sign In

    Cara Mudah Membuat Blog
    Cara Mudah Membuat Blog
    Setelah itu Sobat akan dibawa ke tampila seperti ini, Sobat tinggal klik Buat Blog Baru
    Cara Mudah Membuat Blog
    Gbr. 2 Cara Membuat Blog
    Nanti akan ada menu melayang seperti gambar dibawah ini. Isikan Judul dan  Alamat blog dengan nama blog sesuai keinginan Sobat, dan Apabila Sudah diisi alamat blognya maka nanti ada tulisan dibawahnya Alamat blog ini tersedia, kalau tidak sobat bisa mengganti nama blog yang lainnya seperti namablog999 atau terserah sobat. Nah, apabila sudah kini tinggal memilih template atau tampilan blog, pilih sesuai selera Sobat. Untuk template bisa dirubah lagi jadi pilih kalau merasa tidak ada yang bagus, pilih sembarang saja.
    Cara Mudah Membuat Blog google
    Gbr. 3 Cara Membuat Blog di Blogspot
    Setelah selesai, Selamat blog Sobat sudah jadi, tinggal klik Mulai mengeposkan untuk membuat artikel terbaru bagi blog Sobat atau klik gambar pensilnya.
    Cara Mudah Membuat Blog gratis
    Gbr. 4 Cara Mudah Membuat Blog
    Nanti akan tampil seperti gambar dibawah ini, tinggal ikuti sesuai petunjuknya karena sama dengan menulis di Ms.Word, setelah selesai membuat artikel tinggal klik Publikasikan
    Cara  Membuat Blog
    Gbr. 5 Cara  Membuat Blog
     
  15. Cara membuat blogroll pada blog :
    • Masuk akun blog
    • Klik tata letak
    • Kemudian klik Tambahkan Gadget
    • Klik HTML/Java Script
    • Lalu paste HTML yang anda hendaki
    • Klik simpan / Save
    • Selesai


      Oleh : Muhammad Tabah Pangestu
                09 / XI IA 2

No comments:

Post a Comment